Simak di sini hewan berkaki empat

Kumpulan hewan yang melindungi manusia, dengan penggolongan binatang dari tempat habitatnya digolongkan menjadi beberapa yakni :


1. Jenis binatang yang tinggalnya di darat. Jenis Hewan darat adalah Hewan yang hidupnya di darat. Cukup banyak jenis satwa yang berkumpul di darat. Mereka hewan yang berada dalam berkelompok. Jenis fauna itu yaitu Sapi, Kuda, Kambing, Ular, Harimau, Anjing, Kucing, dan lain sebagainya.



2. Jenis Fauna yang hidupnya di air. Jenis Fauna darat adalah Binatang yang lebih banyak berada di darat. Ada banyak jenis satwa yang tinggal di darat. Mereka binatang yang berada di air. Jenis satwa tersebut ialah buaya, udang, kepiting, belut, teripang, kuda laut, anjing laut, ikan, dan sebagainya.



3. Satwa yang tinggal di rimba. Binatang hidupnya di dalam hutan adalah binatang yang berada di di dalam hutan. Banyak sekali jenis binatang yang hidup di hutan belantara. Mereka hewan yang berada di di dalam hutan. Jenis hewan tersebut yaitu harimau, panda, beruang, kijang, kelinci, tupai, monyet, dan sebagainya. Jenis hewan yang berada di dalam hutan kebanyakan jenis fauna yang buas. 



4. Jenis Fauna yang tinggal di tanah. Jenis satwa tinggal di ada di dalam tanah adalah jenis hewan yang tinggalnya di ada di dalam tanah. Cukup banyak jenis hewan yang berada di berada di dalam tanah. Mereka satwa yang habitatnya di di tanah tersebut yakni cacing, ulat, semut, tikus tanah.



5. Fauna yang hidupnya di darat juga bisa berenang di air. Jenis Hewan jenis ini tinggal di darat dan air disebut dengan hewan amfibi (Amphibia) contohnya jenis fauna bertulang belakang yang dunianya di dua alam. Contoh Hewan Amfibi diantaranya adalah Katak, Kadal dan Sesilia.


6. Penggolongan fauna menurut jenis makanannya. kelasifikasi oleh jenis makanan digolongkan menjadi 3 jenis yaitu :


a. Herbivora adalah hewan pemakan sayuran. Contoh fauna herbivora yaitu kelinci, sapi, kambing, kuda, dan lain sebagainya.


b. Karnivora yakni jenis binatang pemakan daging. Contoh satwa karnivora diantaranya anjing, serigala, kucing, singa, harimau, dan masih banyak lagi


c. Omnivora yaitu hewan hewan pemakan daging dan selain daging. Contoh jenis satwa Omnivora yakni tikus dan ayam.


7. Jenis jenis binatang yang digolongkan oleh penutup badannya terdiri dari 3 kategori yakni :


a. Jenis jenis satwa bersisik. Contoh satwa yang penutup tubuhnya memiliki sisik adalah adalah ular dan ikan.


b. Jenis jenis satwa berbulu. Contoh jenis fauna yang tubuhnya ditumbuhi bulu diantaranya adalah ayam, burung, itik dan angsa.


c. Jenis fauna berambut. Contoh Contoh jenis fauna yang tubuhnya terdapat banyak rambut diantaranya adalah kucing, anjing, monyet, beruang, singa dan masih banyak lagi. 


8. Penggolongan binatang menurut cara bergeraknya. Jenis fauna yang dikategorikan cara gerakannya ada 4 kelas, diantaranya adalah :


a. berjalan dengan kaki


b. berjalan dengan tubuhnya/melata


Nah itulah kumpulan binatang sahabat manusia, dengan penggolongan hewan dari dimana mereka berada.