Catatan hewan yang sudah punah

Inilah daftar hewan yang jinak, dengan penggolongan binatang berdasarkan dimana hidup mereka pada umumnya dikategorikan menjadi beberapa yakni :


1. Satwa yang dunianya di darat. Jenis satwa darat adalah Binatang yang hidup di darat. Ada banyak jenis satwa yang lebih banyak berada di darat. Mereka hewan yang hidup dengan berkelompok. Jenis satwa tersebut diantaranya Kuda, Kambing, Ular, Harimau, Anjing, Kucing, Sapi, dan lain sebagainya.



2. Jenis binatang yang dunianya di air. Jenis binatang darat adalah Jenis satwa yang berkumpul di darat. Begitu banyak jenis fauna yang tinggalnya di darat. Mereka satwa yang lebih banyak berada di air. Jenis binatang tersebut ialah kuda laut, anjing laut, ikan, buaya, udang, kepiting, belut, teripang, dan sebagainya.



3. Hewan yang tinggalnya di dalam hutan. Hewan dunianya di rimba adalah fauna yang lebih banyak berada di dalam hutan. Begitu banyak jenis binatang yang tinggalnya di hutan belantara. Mereka hewan yang habitatnya di rimba. Jenis fauna tersebut yakni kelinci, tupai, monyet, harimau, panda, beruang, kijang, dan sebagainya. Jenis binatang yang tinggalnya di hutan belantara kebanyakan jenis satwa yang buas. 



4. Jenis Hewan yang dunianya


berada di dalam tanah. Jenis Hewan hidup di ada di dalam tanah adalah jenis satwa yang hidup di di tanah. Ada banyak satwa yang hidupnya di ada di dalam tanah. Mereka hewan yang dunianya di berada di dalam tanah itu ialah cacing, ulat, semut, tikus tanah.



5. Fauna yang hidup di daratan serta di dalam air. Hewan jenis ini dunianya di darat dan air disebut dengan hewan amfibi (Amphibia) yaitu fauna bertulang belakang yang tinggalnya di dua alam. Contoh Hewan Amfibi diantaranya adalah Katak, Kadal dan Sesilia.


6. Penggolongan jenis binatang dari jenis makanannya. Kriteria oleh jenis makanan digolongkan menjadi 3 jenis yaitu :


a. Herbivora adalah jenis satwa pemakan daun daunan. Contoh jenis binatang herbivora yaitu kambing, kuda, kelinci, sapi, dan lain sebagainya.


b. Karnivora yaitu fauna pemakan daging. Contoh fauna karnivora yaitu harimau, anjing, serigala, kucing, singa, dan masih banyak lagi


c. Omnivora adalah jenis hewan hewan pemakan daging dan tanaman. Contoh jenis satwa Omnivora yaitu tikus dan ayam.


7. Jenis satwa yang digolongkan menurut penutup tubuhnya terdiri dari 3 klasifikasi ialah :


a. Jenis jenis fauna memiliki sisik. Contoh jenis fauna yang penutup tubuhnya ada sisik yaitu adalah ular dan ikan.


b. Jenis hewan berbulu. Contoh hewan yang tubuhnya ada banyak bulu diantaranya adalah ayam, burung, itik dan angsa.


c. Jenis fauna berambut. Contoh Contoh jenis hewan yang tubuhnya ditumbuhi rambut diantaranya ialah kucing, anjing, monyet, beruang, singa dan masih banyak lagi. 


8. Penggolongan fauna oleh cara gerakannya. Jenis satwa yang dibagi kelas cara cara berjalannya ada 4 kategori, diantaranya yaitu :


a. berjalan dengan kaki


b. berjalan dengan tubuhnya/melata


Nah itulah daftar hewan yang dipelihara banyak orang, dengan penggolongan hewan berdasarkan dimana mereka tinggal.