Catatan hewan zaman es yang masih hidup

Inilah kumpulan binatang yang lucu, dengan penggolongan hewan berdasarkan dimana mereka tinggal digolongkan menjadi beberapa ialah :


1. Binatang yang habitatnya di darat. Binatang darat adalah Jenis binatang yang berkumpul di darat. Begitu banyak jenis hewan yang dunianya di darat. Mereka hewan yang hidupnya membentuk kelompok. Jenis satwa itu ialah Kambing, Ular, Harimau, Anjing, Kucing, Sapi, Kuda, dan lain sebagainya.



2. Fauna yang lebih banyak berada di air. Fauna darat adalah Binatang yang hidupnya di darat. Lumayan banyak binatang yang tinggalnya di darat. Mereka binatang yang berkumpul di air. Jenis hewan itu ialah udang, kepiting, belut, teripang, kuda laut, anjing laut, ikan, buaya, dan sebagainya.



3. Jenis satwa yang tinggal di hutan. Hewan dunianya di rimba adalah jenis fauna yang tinggalnya di hutan. Cukup banyak jenis binatang yang hidup di dalam hutan. Mereka satwa yang berkumpul di dalam hutan. Jenis fauna tersebut yakni tupai, monyet, harimau, panda, beruang, kijang, kelinci, dan sebagainya. Fauna yang habitatnya di dalam hutan banyak hewan yang buas. 



4. Jenis binatang yang lebih banyak berada di tanah. Binatang hidupnya di di tanah adalah jenis fauna yang hidup di berada di dalam tanah. Ada banyak satwa yang tinggalnya di berada di dalam tanah. Mereka fauna yang dunianya di ada di dalam tanah tersebut contohnya cacing, ulat, semut, tikus tanah.



5. Jenis Hewan yang dunianya di daratan dan punya insang. Hewan jenis ini hidupnya di darat dan air disebut dengan hewan amfibi (Amphibia) ialah jenis hewan bertulang belakang yang lebih banyak berada di dua alam. Contoh Hewan Amfibi diantaranya adalah Katak, Kadal dan Sesilia.


6. Penggolongan satwa dari jenis makanannya. Kriteria dari jenis makanan digolongkan menjadi 3 jenis yaitu :


a. Herbivora adalah jenis satwa pemakan tanaman. Contoh jenis fauna herbivora yakni kambing, kuda, kelinci, sapi, dan lain sebagainya.


b. Karnivora yaitu fauna pemakan daging. Contoh satwa karnivora adalah kucing, singa, harimau, anjing, serigala, dan masih banyak lagi


c. Omnivora yakni satwa hewan pemakan daging dan tumbuhan. Contoh satwa Omnivora adalah tikus dan ayam.


7. Jenis binatang yang dikategorikan oleh penutup tubuhnya terdiri dari 3 klasifikasi adalah :


a. Jenis fauna bersisik. Contoh fauna yang penutup tubuhnya ada sisik yaitu adalah ular dan ikan.


b. Jenis satwa berbulu. Contoh jenis hewan yang tubuhnya ditutup oleh bulu diantaranya adalah ayam, burung, itik dan angsa.


c. Jenis satwa berambut. Contoh Contoh fauna yang tubuhnya terdapat banyak rambut diantaranya yakni beruang, singa, kucing, anjing, monyet, dan masih banyak lagi. 


8. Penggolongan jenis binatang berdasarkan cara gerakan. Jenis jenis fauna yang diklasifikasi cara gerakannya ada 4 kelas, diantaranya yaitu :


a. berjalan dengan kaki


b. berjalan dengan tubuhnya/melata


Nah itulah daftar hewan yang digemari banyak orang, dengan penggolongan binatang berdasarkan tempat hidup pada umumnya.